Fokus Kembangkan Layanan Pascabayar, Xl Axiata (excl) Targetkan 1,4 Juta Pelanggan
PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus mengembangkan layanan pascabayar lewat XL Prioritas. Perusahaan ini menargetkan jumlah pelanggan pascabayar bisa mencapai 1,4 juta pelanggan hingga akhir tahun 2019.
Chief Premium Segment EXCL Octavia Kurniawan mengatakan, sejak diluncurkan tahun 2016, layanan pascabayar XL Axiata selalu tumbuh di atas 40% secara tahunan. Per Juni 2019, pelanggan pascabayar XL Axiata sudah mencapai 1,05 juta.
Pria yang akrab disapa Okie juga menargetkan, kontribusi layanan pascabayar terhadap pendapatan EXCL hingga akhir tahun ini dapat mencapai 6%, dari saat ini yang sebesar 5%. Sebagai gambaran saja, per Juni 2019, total pendapatan EXCL mencapai Rp 12,26 triliun dan rerata pendapatan per pengguna atau average revenue per user (ARPU) pascabayar adalah Rp 110.000. ARPU ini meningkat 7% secara tahunan dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 103.000.
Pada akhir 2020, XL Axiata juga menargetkan jumlah pelanggan pascabayar bisa lebih dari 1,5 juta pelanggan. Kontribusi layanan ini terhadap pendapatan total juga dipatok naik menjadi di atas 10% dalam dua tahun ke depan.
Untuk mencapai target-target tersebut, emiten halo-halo ini akan menjalankan beberapa cara demi mempermudah akses pelanggan untuk aktivasi maupun membayar layanan pascabayar ini. "Untuk aktivasi, nanti cukup datang ke gerai retail terdekat dan kami akan kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital supaya pelanggan bisa mudah membayar tagihan," ungkap Okie, Jumat (25/10).
Maklum saja, saat ini, untuk mendaftar menjadi pelanggan pascabayar XL Axiata, calon pelanggan harus datang ke XL Center atau ke agen khusus. Di samping itu, calon pelanggan juga harus memiliki kartu kredit atau kartu debit. Menurut dia, kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital ini sudah dalam tahap uji coba dan diharapkan dapat beroperasi akhir tahun ini.
XL Axiata juga akan meningkatkan edukasi masyarakat dan mengeluarkan produk-produk baru pascabayar. "Pasalnya, masih banyak masyarakat yang bilang kalau layanan ini lebih mahal, lebih susah, dan berpotensi billing shock, pokoknya tidak nyamanlah," kata dia.
Di samping itu, XL Axiata juga akan menawarkan skema insentif yang menarik bagi para mitra yang menjual layanan ini, mulai dari pasar tradisional, dealer, gerai retail, mini market, hingga e-commerce. Menurut dia, para mitra ini kurang tertarik untuk menjual produk pascabayar dibanding prabayar karena pasarnya yang masih kecil,
Meskipun begitu, XL juga melihat kesempatan pertumbuhan layanan ini, sebab layanan pascabayar baru mencakup 8% dari total industri dengan pertumbuhan tahunan di bawah 5%. "Kami punya ambisi untuk bisa menjadi strong number kedua di pasar pascabayar. Untuk saat ini, kami ada di posisi ketiga," ucap Okie.
5 Keunggulan Layanan Pasca Bayar Xl Prioritas
Layanan XL Prioritas tersebut diklaim menawarkan berbagai keutamaan bagi pelanggan. Perusahaan menggandeng artis terkemuka Dian Sastrowardoyo sebagai Brand Ambassador yang dianggap mewakili produk tersebut. Dian Siswarini, Presiden Direktur/CEO XL mengatakan peluncuran XL Prioritas ini tidak lepas dari visi perusahaan untuk memberikan layanan dengan kualitas maksimal kepada seluruh pelanggan.
"Kami ingin menunjukkan dan meyakinkan bahwa XL memiliki layanan pasca bayar yang memberikan prioritas kepada pelanggan, selain itu membebaskan dalam mengontrol pemakaian dan juga bebas dari rasa khawatir dalam berkomunikasi. Kami juga hendak menunjukkan bahwa layanan pasca bayar pun bisa dibuat simpel dan justru banyak manfaatnya,” ujar Dian di sela-sela peluncuran XL Prioritas di kawasan SCBD, Jakarta (29/1/2016).
Dijelaskan lebih lanjut, XL Prioritas menawarkan sejumlah manfaat bagi pelanggan. Pertama, prioritas penggunaan di jaringan 4G LTE tercepat. Dengan prioritas penggunaan jaringan, maka pelanggan akan mendapatkan akses internet yang cepat dan stabil. Bahkan di waktu sibuk pun, pelanggan tetap dapat merasakan akses internet yang utama dibanding non XL Prioritas.
Kedua, fasilitas worry free nelpon dan SMS AnyNet (ke semua operator). Ini sekaligus merupakan layanan pertama di Indonesia dengan fasilitas tersebut. XL Prioritas memberikan pilihan paket Data dengan bonus nelpon dan SMS ke semua operator. Hal ini tentunya membuat komunikasi lebih nyaman tanpa rasa khawatir.
Ketiga, worry free Data Roaming. Layanan ini memberikan fasilitas worry free untuk Data Roaming dengan tarif flat. Dengan begitu, pelanggan yang berada di luar negeri dapat menggunakan layanan data bebas rasa khawatir.
Keempat, kendali dalam pemakaian. Pelanggan akan mendapatkan fasilitas credit limit yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Dengan demikian, pelanggan bisa mengatur sendiri maksimal tagihan yang harus dibayarnya. Semua pemakaian, pembelian paket, dan aktivitas komunikasi lainnya akan langsung memotong credit limit tersebut.
Kelima, pengaturan yang secara serba digital. Sang operator akan segera meluncurkan aplikasi digital khusus untuk pelanggan XL Prioritas. Dengan aplikasi tersebut pelanggan akan dapat mengatur semua aktivitas komunikasinya, mulai dari pembelian paket, pengecekan penggunaan, juga info tagihan dan pembayaran. Bahkan pelanggan juga akan mendapatkan info reward yang bisa mereka dapatkan.
Sementara itu, untuk tarif layanan Data, XL Prioritas menawarkan 4 paket pilihan yang semuanya disertai bonus nelpon dan SMS ke semua operator. Paket-paket tersebut adalah Prio S (Rp 100.000) dengan data 2GB, Prio M (Rp 150.000) dengan data 6GB, Prio L (Rp 250.000) dengan data 12GB, dan Prio XL (Rp 350.000) dengan data 25GB. Kuota data dapat digunakan di 2G/3G/4G selama 24 jam. Jika pelanggan membutuhkan keleluasaan yang lebih untuk akses data, ada paket Prio Data mulai 2GB (Rp 75.000) hingga 100GB (Rp 1.000.000)
Layanan ini telah dapat dinikmati sejak 15 Januari 2016 lalu. Kabar baiknya, bagi pelanggan lama yang telah menggunakan layanan pasca bayar, akan langsung dapat menikmati paket-paket dalam XL Prioritas.
Sementara bagi pelanggan baru bisa mendapatkan layanan ini melalui website prioritas.xl.co.id atau mengunjungi gerai XL Center. Proses pendaftaran diklaim mudah dan tidak ribet. Syaratnya adalah dengan menyertakan kartu identitas (KTP/SIM/Paspor) dan kartu kredit.
Sebagai informasi, saat ini jumlah pelanggan layanan pasca bayar XL sekitar 400 ribuan. Segmen pelanggan yang dibidik adalah kalangan profesional muda, usia pertengahan 20-an tahun hingga pertengahan 30-an tahun, aktif menggunakan teknologi digital, dan mengikuti trend gaya hidup. Pada tahap awal, XL Prioritas akan memfokuskan pada beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Bandung, Jabodetabek, Semarang, Yogyakarta, dan Makassar. Walau demikian, layanan bisa bisa didapatkan di XL Center di seluruh Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar